tentang Heavy Metal

Heavy metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak.
Sejarah
Steppenwolf
Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60’an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul ‘Born To Be Wild’ (ada di baris kedua bait kedua, “dasar maniak barang remeh-remeh!”).
“I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”.
Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ‘ Paranoid’. Cukup banyak band Heavy metal.
Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70’an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene.

Jenis-jenis Metal
Berikut beberapa jenis metal lagi:

70’an
Ditahun 1968, sound yang akan menjadi terkenal dengan sebutan heavy metal telah bersatu. Di Januari, band dari Francisco Blue Cheer mengeluarkan cover song dari lagunya Eddie Cochran’s “Summertime Blues”, di album debut mereka Vincebus Eruptum dan banyak yang beranggapan bahwa rekaman pertama orisinil heavy metal adalah dari album tersebut.

Progressive rock

Primus
Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80’an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Queensrÿche, Fates Warning, yang lebih cenderung ke visualisasi.

Punk
Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya. hingga pada akhir 60’an muncul Bapak punk Iggy Pop & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70’an baru munculah Sex Pistols, The Clash, The Damned, The Ramones yang sangat kental logat Ingris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan Pop ditahun 80’an dan berubah menjadi New Wave.

Awal 80’an
Genre ini muncul di 70’an dan masih berupa musik Punk rock tapi lebih dikenal di awal 80’an. Di gawangi oleh band-band seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head, .

NWOBHM muncul di Britania raya
Awal 80’an ketika Heavy Metal bertabrakan dengan Blues di Britania Raya. Muncul Genre yang disebut New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM) dengan riff nge blues dan vokal yang melengking. Muncullah band-band seperti Iron Maiden, Motörhead, Saxon, Judas Priest, Def Leppard dan Samson.

Big Girls’ Blouse Metal atau Soft Rock, ‘AOR’, Pop-rock
Pertengahan 80’an giliran NWOBHM dan American Metal yang bertabrakan dengan Pop hingga menjadi Big Girls’ Blouse Metal dengan kibasan rambut sang penyanyi cenderung slow dan lirik asmara. Band dari genre ini juga adalah “bekas” dari band yang bertabrakan itu seperti Reo Speedwagon, Foreigner.

Extreme Metal (Underground)

Thrash metal, Power metal, Speed metal, Black metal, Death metal, Grindcore

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil, lalu pada tahun 1990’an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Carcass, Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate, berkembang pada 1991 menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.

Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

90’an
Ketika para orang sudah kehabisan nama untuk mencari genre dan ketika punk yg jarang di era 80’an. tahun 90’an menjadi solusi ketika muncul genre yang disebut Grunge dan Alternative metal.

Alternative metal
Alternative metal adalah salah satu jenis metal yang paling populer di awal 90’an. Tapi ketika awal 80an orang sudah mengenal bagianya, Funk metal yang dipelopori oleh Faith No More, Red Hot Chilli Papers, Extreme, Primus, lalu hingga pada tahun 90’an munculah Rage Against The Machine.

Selain itu ada Industrial metal band seperti Fear Factory lalu Ministry lah pentolanya. Industrial metal juga banyak di pelopori oleh band dari Jerman seperti Rammstein ,Oomph!, Megaherz.

Lalu ada Punk Metal atau Crossover Thrash punk dengan lebih banyak gitar. Band-band genre ini seperti Suicidal Tendecies, Stromtroopers of Death. Dan lama-lama genre ini bermatamorfosis menjadi Hardcore Punk.

Nu Metal, Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari Korn, Slipknot, Limp Bizkit, Linkin Park hingga Disturbed. lalu banyak bagian genre ini dari Rap core, Rap metal, Hip metal.

Grunge (90’an)

Kurt Cobain
Tahun 1990-an ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah Punk dan bermunculan di Seattle dan dikembangkan oleh Kurt Cobain walaupun sedikit cenderung ke Alternative rock. Band Grunge dari Seattle, seperti Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, dan Alice in Chains sebelum band itu ada sebenarnya grunge sudah ada oleh band-band seperti Malfunkshun dan Green River setelah itu ada Temple of the Dog Mad Season, Mudhoney sampai Melvins. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti Skin Yard dan PJ Harvey. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi Post-Grunge seperti L7, Stone Temple Pilots, Paw, Hole (Yang sang vokalis Courtney Love adalah istri dari Kurt Cobain hingga menjadi Grunge).

About Heavy Metal:
Sumber aliran: Psychedelic rock, Blues rock, Hard rock
Sumber kebudayaan: Setelah tahun 1960’an di UK dan USA
Alat musik yang biasa digunakan: Gitar – Bass – Drums
Popularitas mainstream: Pertengahan 1980
Subgenre: Avant garde metal – Black metal – Classic metal – Death metal – Doom metal – Folk metal – Glam metal – Gothic metal – Grindcore – Groove metal – Hardcore – Neo-classical metal – Power metal – Progressive metal – Speed metal – Thrash metal
Genre campuran (fusion): Alternative metal – Christian metal – Funk metal – Hardcore – Grindcore – Industrial metal – Metalcore – Nu metal – Rapcore – Symphonic metal
Versi-versi regional: Gothenburg – Britain – Bay Area

(Wahyu Nugroho)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: