Macam Mini 4WD

Jenis atau Model Mini 4WD dipengaruhi oleh daerah berkembangnya Mini 4WD tersebut, contohnya adalah di Indonesia. Walaupun banyak model Mini 4WD pabrikan yang silih berganti, namun tak ada kata mati untuk penggemar mobil Mini 4WD di Indonesia melakukan modifikasi pada mobilnya. Akhirnya munculah beberapa kelas yang sudah dianggap sebagai kelas resmi Mini 4WD di Indonesia. Kelas atau jenis Mini 4WD itu mempunyai fungsi dan kemampuan yang berbeda. Tentu saja selain fungsi dan kemampuan yang berbeda maka tingkat kesulitannya dalam membuatnya pun berbeda pula. Adapun Kelas atau jenis yang sering kita jumpai yaitu ada 4 Kelas atau jenis / kelas, Kelas atau jenis mobil mini tersebut adalah :

Standar Original
Kelas stkamur original adalah istilah yang dipakai para pencinta mobil mini 4wd dalam menyebut mobil mini yang masih belum dimodifikasi, atau yang telah dimodifikasi dengan menggunakan parts yang dibuat oleh produsen mobil mini tersebut. Modifikasi yang dibuat tidak terlalu ekstrim, dan rumit. Tidak merubah Cover mobil mini itu sendiri, dan jika dimainkan selalu menggunakan cover tersebut. Biasanya yang bermain dalam kelas ini adalah anak-anak dan pencinta merek mobil mini tertentu.

Speed / Nascar
Ada dua penyebutan untuk kelas ini yaitu speed dan nascar. Namun pada intinya fungsi dan kemampuannya hampir sama. Karakteristik mobil mini ini adalah mempunyai kecepatan yang tinggi, Tidak ada Rem (karena dikhawatirkan akan menghambat laju), Bemper depan biasanya dihilangkan dan diganti, Hanya ada roda belakang, karena roda depan diganti oleh bearing modifikasi ini tujuannya adalah untuk membuat sudut kemiringan yang pas, sehingga roler tidak lurus tapi sedikit menukik kebawaH. Pembeda antara Speed dan Nascar adalah pada mobil mini kelas Nascar ada penambahan beberapa roda yang dimaksudkan sebagai penyeimbang agar tidak jatuh, atau melompat pada saat akan melewati jembatan / Flyover. Umumnya Chasis yang digunakan adalah Chasis Super 1 Buntung, dan Chasis Super 1 Biasa, Namun tak jarang Chasis Auldey GFS digunakan untuk membuat modifikasi mobil mini untuk kelas ini. Pembuatannya cukup rumit apalagi dalam membuat 1 buah kelas nascar dapat menghabiskan waktu 1-3 hari penuh. Karena itu rata-rata pencinta mobil mini yang menggunakan kelas ini adalah remaja dan orang dewasa, sangat jarang anak-anak yang mempunyai mobil mini kelas speed dan Nascar seperti ini.

Sloop / Handicap
Pada Mobil mini Kelas atau jenis ini ada 2 penyebutan juga yaitu Kelas atau jenis Sloop dan Handicap. Kelas atau jenis sloop adalah modifikasi mobil mini yang dilakukan terhadap mobil mini dengan fungsi dan tujuan untuk menaklukan trek yang penuh rintangan. Pada jaman awal mini 4WD di Indonesia Kelas Sloop adalah kelas yang sering dilombakan, karena pada saat itu masih belum banyak aksesoris dan parts yang mendukung seperti bemper speed, magnet, tabung, kawat, buatan lokal seperti sekarang ini. Kelas atau jenis Handicap adalah pengembangan Kelas atau jenis Sloop, karena kekreatifan pencinta mini 4wd untuk memangkas budget akhirnya mereka menggunakan Pcb sebagai bemper dan alhasil seperti yang sekarang kita sering lihat mobil mini yang bentuknya panjang lebih dari ukuran normalnya. Dan tujuan dari modifikasi ini pun jelas yaitu menaklukan trek yang penuh rintangan.

Drag
Kelas atau jenis mobil mini seperti ini adalah pengembangan dari Kelas atau jenis speed yang dikombinasikan dengan olahraga otomotif kelas drag, dimana mobil mini hanya melaju pada trek yang lurus saja. Biasanya pada kelas ini mobil mini ditandingkan dengan motor bahkan mobil sungguhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: