FAKTOR PENENTU KECEPATAN TAMIYA Part 2

Setelah membahas jenis-jenis model tamiya/mini 4wd saatnya kita beralih ke faktor penentu kecepatan yang berikutnya, yaitu spare part. Spare part tamiya ada banyak sekali jumlahnya, dan kegunaannya bermacam-macam, mulai dari spare part tamiya standar yang murah sampai yang mahal dan spare part tamiya speed nascar yang murah sampai yang mahal. Tidak seperti dahulu, kini banyak sekali penjual sparepart tamiya di indonesia yang menawarkan harga yang murah melalui media internet, atau biasa disebut bisnis online tamiya.

Spare part mini 4wd yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan mini 4wd ada banyak sekali, mulai dari Roller, Bemper, Bearing, Ban, Velg, As, Tiang, Dinamo dan lain sebagainya. Namun bagi mini 4wd racer mereka suka menggunakan sparepart yang ekstrim harganya, misal seperti kawat lapis perak atau bahkan kawat lapis emas, saklar atau lempengan tembaga yang terbuat dari perak atau emas, spare part seperti ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan tamiya secara drastis. Namun sekarang kita tidak membahas sparepart ekstrim seperti itu, yang akan kita bahas adalah sparepart murah sampai dengan yang cukup mahal namun dapat membuat laju tamiya anda semakin kencang.
Roller dan Bemper
Roller yang digunakan sebaiknya roller yang dapat berputar dengan baik, contohnya roller busing atau roller bearing. Sebelum memasang roller sebaiknya anda memasang Bemper pada chassis mobil mini 4wd tamiya anda, kemudian setelah itu baru pasanglah roller dengan menggunakan ukuran yang sesuai dengan lebar track tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang menempel pada trek.
Bearing, As, Ban
Bearing sangat berguna agar roda tamiya dapat berputar lebih lama, namun selain itu perlu diperhatikan apakan bearing yang digunakan sudah sesuai ukurannya. Bearing yang biasa digunakan adalah bearing ukuran 2×6. Ada beberapa merek bearing yang sering digunakan salah satunya adalah bearing NSK. Bearing NSK banyak digunakan karena dapat berputar lebih lama dibanding dengan bearing sejenis. Untuk mendukung penggunaan bearing sebaiknya gunakanlah as yang kuat seperti as Nachi. Lalu baru pasangkan ban yang sudah disending, ban sendingan adalah ban yang sudah dipasang pada velg dan diberi lem agar kuat dan tidak mudah lepas. Nah kalau sudah seperti ini dijamin deh putaran ban bakalan lebih lama dan tidak terhambat, mesin jadi tidak terlalu harus mengeluarkan tenaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: